Jumat, 23 November 2012

Arti persahabatan dan kebersamaan

ARTI PERSAHABATAN DAN KEBERSAMAAN 

Dalam masa kejayaan, teman-teman mengenal kita.Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman-teman kita. Ingatlah kapan terakhir kali anda berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping anda??. Siapa yang mengasihi anda saat anda merasa tidak dicintai??”
     Mengeja arti sebuah kebersamaan dalam menjalin sebuah hubungan. Entah dengan keluarga, persaudaraan, persahabatan atau pun dengan pasangan. Kebersamaan menjadi suatu hal penting dalam membina sebuah hubungan. Jelas kita tak pernah bisa benar-benar hidup sendiri dalam kehidupan ini. Kita tidak bisa menjadi manusia yang egois, yang merasa bisa melakukan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang lain. Keran di masa sekarang ini begitu banyak masih kita temui orang yang merasa tidak membutuhkan orang dengan, karena ia sudah mempunya jabatan, mobil mewah, rumah mewah bahkan apartemen yang ada dimana mana.
    Setelah hampir satu minggu libur lebaran, ruangan terasa sepi banget yang biasanya rame dengan adaanya kita bersama sama.hari ini adalah tepat setelah satu minggu aku libur, dan sampai jam 12.00 aku baru terasa begitu berartinya kehadiran teman – temanku semua.walau biasanya bertemu juga hanya sebentar.hmmmm kemana ya kira – kira semua, dalam hatiku bertanya – tanya, masih kurang kah liburnya hahahahahaha
     Seperti sebuah pepatah kehidupan adalah sebuah siklus sebab akibat. Berbuat baik, saling berbagi dalam kebersamaan, menjalin sebuah hubungan yang positif itu pilihannya. Siapa yang menanam padi pasti akan tumbuh padi bukan?, jadi selagi kita masih bernafas dan masih diberikan kesehatan alangkah baiknya kalau kita selalu menjalin silaturahim dan kebersamaan antar sesama.
     Sebuah kebersamaan juga tak dapat dipaksakan oleh apapun,Meskipun dalam suatu hubungan pasti ada hubungan timba balik, seperti sebuah simbiosis tapi harus atas dasar kerelaan sehingga tidak akan ada harapan untuk mendapatkan balas budi.karena dalam menjalin hubungan sosial kita harus belajar bagaimana pentingnya saling memahami, mendengar daan harus ada saling pengertian juga saling tegang rasa serta selalu mau berbagi dan perduli.Karena dengan begitu kita akan dapat memaknai sebuah kebersamaan untuk menjacapai kebahagiaan bersama, sehingga hidup pun akan indah dlam satu ikatan baik ikatan keluarga, sahabat juga pertemanan.
       Namun terkadang dalam menjalin sebuah hubungan kita harus bisa menciptakan ruang dan jarak. Tidak hanya bisa menuntut seseorang yang dekat dengan kita untuk berbuat sesuai dengan kehendak kita. karena yang menurut kita baik belum tentu menurut orang lain juga baik.Dan mengambil jarak yang kita butuhkan dalam hubungan adalah suatu tindakan yang bijak, dengan harapan tidak akan terjadi konflik yang menimbulkan perpecahan. Membiarkan ruangan dalam sebuah hubungan. Menciptakan suatu ruang untuk berekspresi. Sebuah ruangan yang kita butuhkan untuk bergerak bebas. Sebuah jarak yang kita butuhkan untuk introspeksi. Melihat apa yang sudah kita berikan, dari sudut pandang yang lebih luas. Ketika kita terlalu dekat, sudut pandang kita terlalu sempit. Akibatnya penilaian kita menjadi lebih subjektif. Saat kita menjauh, kita bisa melihat lebih menyeluruh. Hal ini dibutuhkan untuk lebih objektif.Sehingga kebersamaan akan semakin terjalin indah karena adanya rasa rindu jika kita sudah lama tidak bertemu, dan bersilaturahim pun semakin terasa.
  Karena kebersamaan itu sendiri bukan berarti kita selalu bersama-sama  secara fisik, tapi lebih pada hubungan psikologis. Tidak selamanya kita akan selalu bertemu dan bersama, karena kita pasti mempunya kesibukan dan kepentingan sendiri, bahkan mungkin suatu saat kita akan berpisah. oleh karena itu sangat penting adanya komunikasi dalam menjalin dan menjaga kebersamaan itu agar tetap ada. Memang sesuatu diciptakan mempunyai pasangan sendiri-sendiri, seperti halnya Pertemuan dan Perpisahan…Dan semoga kebersamaan akan selalu ada, bersama indahnya masa yang terukir dan manisnya kenangan yang terekam. dalam suatu persahabatan dan persaudaraaan yang tak kan dapat di pisaahkan oleh apapun di dunia ini, kecuali maut dan takdir ilahi.
Kita tetap harus siap dengan segala kemungkinan dan apapun yang terjadi. Ketika niat kita adalah sesuatu baik maka hasil akhirnya pun akan baik.
Semoga apapun hubungan yang sedang kita jalani saat ini, selalu bisa membawa kebahagiaan dalam kebersamaan yang sebenarnya.
PERSAHABATAN DAN KEBERSAMAAN
Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.
Cinta dan persahabatan adalah jalinan kasih yang indah untuk dilupakan... terkadang kita dapat merasakan sakit yang teramat sangat ketika kita berfikir untuk seorang sahabat...I've been throught this moment...

Ternyata benar kata orang-orang mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yg mementingkan diri sendiri..Tapi kala ego itu muncul, kadang kita dengan mudahnya bisa melupakan arti sejati dari persaabatan..Sering pula kita harus menelan pil pahit demi kebahagiaan seorang sahabat..

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang sangat melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya...

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur,disakiti, diperhatikan, dikecewakan, didengar, diabaikan, dibantu, ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian..
       Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.
 BY : Lailatus Sa'diyah 

1 komentar:

Social Icons

Featured Posts

Sample Text